• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Cara Dasar PHP

 on Wednesday, April 30, 2014  


Syntax Dasar PHP





File PHP bisa saja hanya diisi oleh script php. Namun dalam sebuah website, php biasanya bergandengan dengan html. Itulah sebabnya, sebelum belajar php kita disarankan agar memahami terlebih dahulu bahasa HTML. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang syntax syntax dasar pada pemrograman PHP serta contoh pengimplementasiannya pada HTML

Berikut merupakan aturan-aturan dan cara penulisan perintah perintah pada pemrograman PHP.




1. Script php selalu diawali dengan syntax :

?
1
<?php
ataupun bisa juga dengan syntax :
?
1
<?
dan selalu diakhiri dengan syntax :
?
1
?>
Dalam hal ini kita lebih direkomendasikan untuk menggunakan syntax “<?php” dibandingkan “<?” .  Syntax “<?php” sendiri biasa disebut escaping html karena syntax tersebut berfungsi keluar dari script html dan merupakan deklarasi awal dimulainya sebuah script php.
2. Setiap baris perintah kode php selalu diakhiri dengan semicolon ( ; ). Semicolon atau titik koma ini berfungsi sebagai pemisah antara perintah satu dengan perintah yang lainnya.
Sebagai contoh , dibawah ini kita akan membuat suatu program php yang menampilkan kalimat “PHP by MAMPLAM” ketika dieksekusi.
Untuk itu bukalah editor php anda dan ketikkan kode seperti dibawah ini :
?
1
2
3
4
5
<?php

print "PHP by MAMPLAM";

?>



Lalu save lah dengan nama HelloMamplam.php. Perhatikan , pada proses penyimpanan file, jangan lupakan ekstensi .php nya, dan pada bagian “Save As Type” pastikan anda memilih “All files” . Sebagai contoh bagi yang menggunakan notepad  :



Jika sudah , simpanlah file tersebut pada dokumen web server . Secara default dokumen web server adalah folder htdocs yang berada di dalam folder xampp . Jika anda tidak mengubah tempat penginstalan xampp saat proses penginstalan, maka folder htdocs berada di “C:\xampp\htdocs” . File PHP hanya bisa dibaca jika file tersebut berada pada dokumen webserver ( htdocs ) .

Mengeksekusi File



Jika sudah tersimpan, maka saatnya bagi kita untuk mengeksekusi file php dan test drive program hellomamplam.php yang telah kita buat tadi. Mengeksekusi file php tidak bisa dengan cara men-double klik file “hellomamplam.php”. Untuk mengeksekusinya bukalah web browser ( firefox , chrome , dll )  lalu ketikkan  http://localhost/hellomamplam.php pada address bar nya dan tekan enter . Jika tidak ada kesalahan maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:











jika terdapat kesalahan coba cek lagi script yang anda ketikkan tadi mungkin terdapat kesalahan, karena php tidak mentolerir kesalahan sekecil apapun .

Membuat komentar pada PHP

Lazimnya setiap bahasa pemrograman memiliki suatu fungsi komentar . Comments ( Komentar ) pada bahasa pemrograman adalah suatu baris dan/atau blok yang biasanya digunakan sebagai dokumentasi sebuah program. Blok kode dan perintah-perintah yang berada di dalam komentar tidak akan dieksekusi.

Ada dua cara membuat komentar pada pemrograman php, yaitu :

1. Menggunakan tanda double slash ( // ) . Ini digunakan ketika membuat komentar yang terdiri hanya dari satu baris.
2. Isi komentar berada diantara tanda ( /* ) dan (* / ) . Digunakan ketika ingin membuat komentar yang terdiri lebih dari satu baris .
Untuk contohnya , ketiklah kode dibawah ini pada editor anda :
?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
<?php

/* tes membuat komentar
tutor by : mamplam.com
date : 9 november 2012 */

echo "Contoh membuat komentar"; //menampilkan kata Contoh membuat komentar pada web browser

// ini contoh komentar satu baris

/* ini komentar
yang lebih dari
satu baris */

?>
save dengan nama komentar.php , lalu jalankan di webbrowser anda . maka hasilnya akan seperti di bawah ini :

Setelah dieksekusi , terlihatlah dari hasil yang ditampilkan bahwa apa pun yang berada pada blok komentar tidak ditampilkan ketika dieksekusi .
Next , pada tahap berikutnya akan dibahas Variabel pada PHP


untuk tutorial yang lebih lengkap ckup disini


Cara Dasar PHP 4.5 5 Unknown Wednesday, April 30, 2014 Syntax Dasar PHP File PHP bisa saja hanya diisi oleh script php. Namun dalam sebuah website, php biasanya bergandengan den...


No comments:

Post a Comment

Said Syahyudi. Powered by Blogger.
J-Theme