I.Graph
Dalam istilah ilmu komputer,
sebuah struktur data adalah cara penyimpanan,
pengorganisasian dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer
sehingga data tersebut dapat digunakan
secara efisien. Dalam tehnik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang
berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) ataupun kolom yang
hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tiadak tampak oleh pengguna.
Graph merupakan struktur data yang
paling umum. Jika struktur linear memungkinkan pendefinisian keterhubungan
sikuensial antara entitas data, struktur data tree memungkinkan pendefinisian
keterhubungan hirarkis, maka struktur graph memungkinkan pendefinisian
keterhubungan tak terbatas antara entitas data.
Banyak entitas-entitas data dalam
masalah-masalah nyata secara alamiah memiliki keterhubungan langsung
(adjacency) secara tak terbatas demikian. Contoh: informasi topologi dan jarak
antar kota-kota di pulau Jawa. Dalam masalah ini kota x bisa berhubungan
langsung dengan hanya satu atau lima kota lainnya. Untuk memeriksa
keterhubungan dan jarak tidak langsung antara dua kota dapat diperoleh
berdasarkan data keterhubungan-keterhubungan langsung dari kota-kota lainnya
yang memperantarainya.
Representasi
data dengan struktur data linear ataupun hirarkis pada masalah ini masih bisa
digunakan namun akan membutuhkan pencarian-pencarian yang kurang efisien.
Struktur data graph secara eksplisit menyatakan keterhubungan ini sehingga
pencariannya langsung (straightforward) dilakukan pada strukturnya sendiri.
Graf
adalah salah satu jenis struktur data yang terdiri dari titik (vertex) dan garis (edge), dimana
dalam graf tersebut, vertex - vertex yang ada dihubungkan oleh
edge, hingga menjadi suatu kesatuan yang disebut graf. Sebagai contoh dari pemodelan graf
adalah peta kota kota, dimana kota disini sebagai vertex dan jalur yang
menghubungkannya berlaku sebagai edge.
Agar lebih jelas perhatikan
gambar dibawah ini :
Dalam gambar tersebut, terdapat
beberapa kota yang berada dipulau jawa dimana kota -
kota tersebut dihubungkan oleh beberapa jalur jalur yang ada. Untuk contoh
diatas kita bisa menganggap bawah kota-kota yang ada merupakan vertex,
dan jalur-jalur
yang menghubungkan kota-kota tersebut sebagai edge. Sehingga secara keseluruhan
peta diatas dapat dibuat pemodelannya sebagai sebuah graf.
Ada terdapat beberapa jenis graf
yang bisa kita gunakan, yaitu beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
•
Graf Berarah : adalah graf yang edge-nya memiliki arah, sebagai contoh edge AB
menghubungkan vertex A ke B, dimana hubungan vertex B ke A, harus diperoleh
dari edge lain, yaitu edge BA, dan jika edge BA tidak ada, maka vertex B ke A
tidak memiliki hubungan, meski vertex A ke B memiliki hubungan
•
Graf Tak Berarah : adalah graf yang edge-nya tidak memiliki arah, sehingga
jika edge AB menghubungkan vertex A ke B, maka secara otomatis juga
menghubungkan vertex B ke A.
•
Graf Berbobot : adalah suatu graf dimana edge dari graf tersebut memiliki bobot
atau nilai tertentu.
•
Graf Tidak Berbobot
: adalah suatu graf dimana edge dari graf tersebut tidak memiliki bobot atau
nilai. Untuk merepresentasikannya dalam pemrograman komputer, graf dapat
disusun dari LinkedList yang berada dalam LinkedList.
untuk yang lengkap kalian bisa mengambil di sini
No comments:
Post a Comment