III. GRAPH PADA JAVA
Pada
Project ini, kita lakukan pengaplikasian dari teori Graph pada program Java.
Software yang kita gunakan adalah Eclipse.
Didalam Project ini
terdapat 5 package Java. Dan yang akan kita bahas disini adalah Package
GRAPH_BASIC. Package GRAPH_BASIC, berisi 5 file berextensi .java yang saling
berhubungan satu sama lain. Untuk detail File bisa di lihat di gambar di bawah
ini.
Untuk melakukan Logika Aplikasi Graph terdapat pada File
Main.java
Tampilan Scriptnya seperti gambar di bawah ini.
Dapat Kita lihat dari gambar diatas, logika Graph di mulai dari
penambahan Vertex/Node, dengan memanggil fungsi “AddVertex” pada file
Graph.java. Setelah vertex tercipta, dilakukan penambahan Edge/Busur dan
terakhir memanggil fungsi untuk menghasilkan output.
Untuk Output yang di hasilkan bisa di lihat gambar di bawah ini.
Mengenal Graph :
Ø Terdiri dari node dan terdiri dari link (busur)
Ø Node disebut vertex dan Link disebut edge
Ø Informasi penting dalam graph adalah koneksi antar vertex
Ø Pada undirected graph, tidak terdapat directions (arah), Edge dari v0 ke v1 adalah sama dengan edge dari v1 ke v0
Ø Jika sebuah masalah dapat direpresentasikan ke dalam
bentuk kgraph maka solusi dari
masalah tersebut bisa dicari dengan bantuan graph
Ø Setiap vertex mewakili sebuah kondisi (state) dan edge
mewakili transisi antar state
Analogi
Graph dalam Kehidupan Sehari-Hari
Graph dalam kehidupan
sehari-hari dapat dianalogikan sebagai suatu jaringan satu dengan jaringan
lainnya yang saling terhubung. Misal seperti negara Indonesia
yang memiliki banyak kota seperti: Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta. Kota-kota itulah yang tergabung dalam
negara Indonesia dan kota-kota itulah yang saling berhubungan.
No comments:
Post a Comment